Senin, 22 Juli 2013

Bermain Petasan: Ritual Ramadhan yang Bisa Membahayakan




Petasan atau mercon. Kata yang sudah tidak asing bagi kita. Dua kata ini merujuk  pada sebuah bahan ledakan yang dimasukkan dalam wadah yang terdiri dari lapisan-lapisan kertas.

Kalau kita lihat dari sejarahnya, proses penemuan petasan ini sangat menarik, karena berasal dari ketidaksengajaan. Sekitar abad ke-9, seorang juru masak di negeri Cina secara tak sengaja mencampur 3 bahan bubuk hitam (black powder) yaitu: belerang (sulfur), garam peter atau kalium nitrat, dan sebuah arang dari kayu (charcoal) yang berasal dari dapurnya. Ternyata campuran ketiga bahan itu bersifat mudah terbakar.



Memang ledakan petasan tidak se-explosive bom, namun tetap saja berbahaya. Sudah lebih dari satu dasawarsa, petasan (yang berbahan bakar mesiu dan menimbulkan suara ledakan) dilarang oleh pemerintah di Indonesia, dan digolongkan sebagai low explosive disaster. Ironisnya, bermain petasan atau mercon ini seperti sudah menjadi ritual bulan Ramadhan bagi anak-anak Indonesia.


Well, saya tidak menampik kalau saya juga pernah bermain petasan sewaktu kecil. Tujuannya? Hanya sekedar fun atau hiburan. Ya, dulu, saya suka bermain perang-perangan menggunakan petasan. Memang, permainan ini menjadi sangat seru, kalau kita bermain dalam 2 tim atau lebih.  Tiap-tiap tim bisa menyulut petasannya dan menyerang tim lain (tim lawan) dengan bola gumpalan kain sambil berlarian dan tertawa ceria.



Dua orang anak ini berkata, "Bang, jangan dilaporin polisi, ya," ketika saya mengambil gambar mereka



Anak-anak yang sedang bermain petasan di dekat masjid




Sampai saat ini, saya masih sering melihat anak-anak kecil di daerah rumah saya--di kawasan Palmerah, Kebon Jeruk, Jakarta Barat—bermain petasan. Tapi anak-anak ini seringkali bermain di tengah jalan dekat masjid, bukannya di tempat yang sepi seperti di lapangan. Menurut salah satu di antara mereka, bermain petasan sangat menyenangkan karena dilakukan bersama-sama. Anak-anak tersebut biasanya melakukan permainan ini setelah salat tarawih. Namun banyak juga yang melakukannya ketika orang-orang sedang melaksanakan tarawih di masjid. Tentunya hal ini sangat mengganggu. 



Suasana menjelang tarawih di Masjid Jami Al Anwar, Palmerah, Jakarta Barat




Selain mengganggu, bermain petasan juga bisa sangat membahayakan.

Dikutip dari teraspos.com, Harju Pambudi, seorang pelajar SMK 3 Yogyakarta tewas akibat ledakan petasan di Jalan Seyegan-Mlati di Dusun Mriyan, Desa Margomulyo, Kecamatan Seyegan, Sleman. Saat itu, korban baru pulang sekolah dengan mengendarai sepeda motor. Begitu sampai di lokasi kejadian, korban tiba-tiba dilempar benda yang diduga petasan hingga mengakibatkan luka parah pada bagian tubuhnya. Naas, korban akhirnya meninggal ketika menjalani perawatan di rumah sakit.

Sungguh tragis, bukan?


Mencegah kejadian-kejadian tragis seperti ini, pihak kepolisian marak melakukan penyitaan petasan dan barang-barang larangan lainnya di bulan Ramadhan tahun ini. Salah satunya adalah Kepolisian Resor Kota Bandarlampung. Mereka berhasil menyita 32.151 batang petasan dalam sebuah operasi yang diberi nama “Operasi Penyakit Masyarakat.” (Sumber: teraspos.com ) Tujuan dari operasi yang berlangsung dari 11 sampai 21 Juli 2013 tersebut adalah menjamin kekhusyukan umat muslim dalam beribadah di bulan suci Ramadhan.

Menurut saya, operasi tersebut memang harus dilakukan, mengingat terkadang pemerintah hanya tegas di sisi konsumen tapi masih sering “ramah” di pihak produsen. Selain itu, pemerintah harusnya sadar, meskipun dilarang, masih banyak anak-anak yang bisa membeli petasan secara leluasa. Jika sudah begitu, para orangtua juga seharusnya berperan dalam melarang anak-anaknya. Apabila mereka tetap ingin bermain, lakukan sosialisasi tentang tips dan trik bermain petasan agar tidak menimbulkan bahaya dan mengganggu masyarakat. Misalnya:


  • Harus tahu jenis petasan yang dimainkan. Bila memainkan petasan (apalagi yang bertipe roket--mercon sesdor, misalnya), bermainlah di tempat yang jauh dari pemukiman karena arah terbang petasan tidak bisa dikendalikan.
  • Hindari bermain dekat tempat ibadah atau tempat umum lainnya.
  • Bila belum mahir bermain petasan, gunakan  bambu atau tongkat dengan bara di ujungnya untuk menyulut petasan.
  • Jangan menyimpan petasan di tempat yang berisiko terkena api, atau di dekat bahan-bahan mudah terbakar lainnya.

Jadi, meskipun petasan atau mercon seakan sudah menjadi ritual bulan puasa yang sulit untuk dapat dipisahkan, kita juga harus mengingatkan masyarakat, khususnya anak-anak kecil di sekitar rumah kita, untuk berhati-hati dalam bermain petasan. Dengan begitu, kita semua bisa beribadah dengan tenang di bulan suci ini, dan InshaAllah, Ramadhan 1434 H ini bisa membawa berkah bagi kita semua. Aamiin. (*)



[M.R.A]


2 komentar:

Dinneno mengatakan...

Petasan itu pembunuh paling kecil.

MR Andrianus mengatakan...

betul sekali :)

Posting Komentar

silahkan komentarnya

Who Reads