Sabtu, 29 September 2012

Mengenang USM STAN 2011

Ok. Assalamualaikum.. Hari ini 5 November 2011. waktu di hape gue menunjukkan pukul 10.48. Hari yang ceraaah *like this^_^
Kemarin, gue kuliah seharian. Dan hape gue lowbatt udah dari separuh perkuliahan. Terus pas siang menjelang sorenya udah tewas. Kuliah ampe malem, ada lab akuntansi… capek… tapi seru, tapi bete juga (mau lo apa sih yan) soalnya hp gue mati.
Eh pas pulang, udah jam sembilan kalo ga salah, gue nyalain hape (sambil nge-charge) dan tiba-tiba ada sms dari temen gue, A**n J***sa Helgawat*;
isinya: riyan
Terus gue bales: apa yun (dgn setengah hati—efek belom makan malem)
Dia bales lagi : selamat ya, d bea cukai. (Dalem hati gue pun berkata: apa sih ni orang, ngigo kali malem malem.)
Terus gue bales: serius? Gue baru pulang kuliah.
Terus dia bales: Iya. Asik dah. Lht donk d fb, w udh ngucapin slmt. Hahaha

*maaf apabila sms nya agak alay, disesuaikan dengan versi aslinya

********************* K A G E T *************************

Terus akhirnya dengan tampang bego gue cek fb. Ada bacaan di fans page usm stan kalo pengumuman usm stan dipercepat. Yg tadinya 17 november jadi 4 november. Lah jauh amat T____T apa alasannya dipercepat? Aneh emang kampus satu itu. Selalu penuh misteri dan penuh kejutan. Akhirnya, masih ga percaya karena belom liat langsung, gue cek web stan.ac.id. eh bener ada pengumuman. Gue langsung telepon si a**n, cerita cerita… udh lama bgt ga telepon si makhluk manja dan judes ini. Tapi suaranya tetep sama: kayak anak kecil. Eh pas di tengah-tengah telepon tau tau mati (yaampun operatornyaaa—tempat gue kerja dulu tapi,ga jadi deh mau ngejek :P)

Terus akhirnya gue cek deh lampiran-lampirannya. Dan kok nama gue ga ada-ada. Katanya di tengah tengah? Tengah mana? (disini muka udah merah, pengen muntah-muntah*lebay*) Gataunya ada di lampiran paling akhir -,-

Pas abis nelpon, langsung sujud syukur. Agak bingung juga kenapa pas pengumuman, dari Tahap 1 sampe terakhir, selalu aja orang duluan yg ngeliat nama gue, baru gue sendiri o.0. Sekarang, di depan komputer kesayangan gue ini (percaya gak percaya computer ini udh dari smp kelas 3 dan selama itu—dari awal—udh ada stiker bertuliskan stan di monitornya, tapi gue gtau knp dan siapa yg nempelin disitu—dan bahkan pertamanya gue gatau apa itu ‘stan’? jujur, gue baru tau stan pas kelas dua SMK, itu pun cuma sekedar tau @.@ *masalah stiker itu, bener-bener aneh, gak mungkin juga ortu gue yg nempelin, dapet drmana mereka, mereka aja ga ngerti gitu-gituan #merinding*), gue keinget perjuangan selama kurang lebih enam bulan mengikuti rangkaian USM yang supeerrr ituu. Sesuatu banget.

****************************TIPS dan TRIK****************************

Sekarang, saya akan memberi tips dan trik USM STAN untuk kalian berdasarkan apa yg telah saya pelajari dan terapkan sendiri. (Bahasanya tiba-tiba formal)
Dan TIPS dan TRIK ini ada empat bagian, lain dari tips-tips biasanya, karena emang sekarang ada empat tahap agar kalian bisa lulus USM STAN. Terkesan ribet dan lama memang. Tapi ya jalanin aja, just go with the flow.

Tahap pertama: Administrasi. Karena tahun 2011 merupakan tahun pertama pendaftaran online dengan metode pengiriman berkas yang lain dari tahun2 sebelumnya, banyak yang salah input data pada tahap ini. Sebenarnya bukan salah mereka yg terlalu terburu-buru mendaftar, tapi setidaknya jika kalian mendaftar nanti dan ada sesuatu yang kalian bingung (misalnya kayak nilai apa aja yg dimasukkin—karena antara sma ipa, sma ips, smk, sma tahun sebelumnya, smk tahun sebelumnya, ataupun yg dua tahun sebelumnya, itu tuh cara pengisiannya beda: jadi HATI HATI.)
Tunggu aja sampai ada pemberitahuan lebih lanjut dari Admin USM STANnya ttg petunjuk pengisian pendaftaran. Biar lambat asal selamat yegak? Hoho.
Oia intinya di tahap ini, kita juga harus jadi orang yang teliti dan penyabar yah, jangan sampai ada yang kurang kirim berkasnya, jgn sampe ada yg salah ngasih alamat, dan jgn sampe ada yg gak pake KILAT KHUSUS. Terus kalo udah masa pengiriman, sabar aja. Jangan cemas, panik, apa lagi mengeluarkan cairan putih kental (lho?). tunggu sampai ada keterangan di internet yg mengatakan bahwa paket kamu terkirim. Ngga masalah yg nerima siapa, mau wuljo, waluyo, tono, yg penting kamu udh nulis alamat si penerima dengan benar, kamu sudah membayar biaya kirim. Pasti diterima dengan selamat sampai tujuan. Pak pos sekarang kan canggih canggih, masa sih salah alamat, gak mungkin kan :D

Tahap Kedua: Ujian TPA dan TBI.
Nah ini kayaknya udah banyak banget yg ngasih tips dan trik di paman google atau Tanya aja sama agan agan kakuser ^_^
Cuma pengen nambahin aja: isilah yg kamu bisa dulu, jgn yg kamu ga bisa terus di paksa-paksain bisa sampe otak meledak. Kerjain dari yg paling gampang kayak gambar, analogi sederhana, matematikanya, baru deh nanti terakhir paragraph. Kosakata dan sebangsanya gimana? Kalo saya sih berhubung soal kemarin dewa banget, jadi banyak yg kosong di situ. Ya gapapa disitu kosong, tapi yg lain diisi ya. Oia kalo mau aman usahain 70 soal bener ya dari 120 soal. Soalnya saya kemarin Cuma isi 70an doank TPAnya tapi alhamdulillah lolos. Tapi itu saya isinya yg saya yakin aja yah, yg gak yakin cuma beberapa, yg nembak juga cuman beberapa ^_^ .. kalo TBI saya isi semua, cuma kosong 3 soal kalo gasalah  TBI nya kerjain yg struktur sama error dulu yg gampang, trus baru terakhir paragraph. Wktu itu saya 2 paragraf isi dengan membaca, yg satunya lg ga sempet jadi nembak  kalo seandainya bener semua kira-kira 73+57 = 130*4 = 520. itu kalo bener semua loh ya. Dewa banget T__T. tapi seengaknya kalo kamu isi 130 soal, dgn asumsi 30 soal salah, kamu masih dapet (100*4)-30 = 370 poin ^_^


Oia hati-hati, kalo udh selesai waktu TPA (100 menit) kamu gak boleh lagi ngerjain soal TPA di waktu TBI (50 menit). Yah kalo saya sih pake taktik ^_^ karena saya yakin bisa ngerjain bahasa inggris*sombooong*, jadi saya ---------tiiittttt---------- sensor ah(yg pasti gak nyontek dan ga curang loh ya)

Terus… jangan dateng telat, jangan bawa barang2 mencurigakan, jangan lupa bawa BPU, alat tulis, papan jalan,dsb, jangan tidur kemaleman, jangan main bekel,congklak atau semacamnya ^_^,oiaa jangan sampe kebelet pipis, apalagi di GBK T__T suasananya itu yaampun.. orang udh kayak lautan semut  jgn nyontek, jgn terpengaruh keadaan, focus sama soal aja, trus klo waktunya abis kumpulin, cek lagi sampe kalian yakin jwbn kalian benar semua :P, dan ini penting juga: kalo gamau pegel duduk di gbk, bawa bantal deh buat alas duduk. Soalnya bakal kerasa banget pegelnya sehari setelah tes *pengalaman pribadi :”(*

Jgn lupa ya yg terpenting: Berdoa di awal dan akhir. Yakinlah usahamu gak akan sia-sia.

Tahap Ketiga: Tes Kesehatan dan Kebugaran. Tipsnya apa ya? Kalo kesehatan itu ya biasa aja, ga bisa di apa-apain, kalo kalian yakin kalian sehat dan orangnya gak gugupan (pas diperiksa) pasti kalian bisa passing tahap ini. Kalo saya malah jadi ketawa-ketawa sama dokter yang meriksanya, soalnya pas masuk ruangan periksa mata dan denyut darah, dengan tampang polos saya langsung duduk di kursi. gataunya itu kursi si dokter. lagian juga sebenernya masih ada yg udah lebih dulu dateng tapi gue malah duduk duluan. malu banget disitu ga boong. untung dokternya baek dan malah becanda2in gitu hahahaha.
Nah yg kebugaran ini. Kalo pas saya, lari 12 menit mengitari lapangan 400m. saya lari dengan sekuat-kuatnyaaa. Mana dapetnya tengah hari siang bolong. Tapi kalian harus semangat, jgn pernah menyerah dan berjalan lemas di dpn panitia. Aku, gak nyampe 5 putaran, tapi Alhamdulillah lolos^__^ jadi sebenarnya yg dicari itu bukan hanya kuantitas larinya, tp juga kualitas. Kalian boleh banyak lari, tapi klo pas akhir2 loyok, atau jalan, atau muntahber, atau pipis di celana kan aneh :P pokoknya yg diliat itu kemauanmu untuk terus berlari sekuat-kuatnya (inget ya bukan sekencang-kencangnya). Nah di tes yg kedua kita disuruh lari membentuk angka 8. disini baru kita harus cepet, jgn diposir di awal tp pas disini udh lemes, bahaya. Oia ini juga butuh konsentrasi. Ada tuh pas bareng sama ane, anak ini belum tiga kali bolak-balik udah selesai (dia kirain udh 3x padahal dia baru 2x). eh terus ditegur panitianya. Panitianya jadi debat gitu, itu anak langsung  didiskualifikasi apa enggak. Nahlo. Gatau deh tu gimana nasibnya. Kesian :9
Pokoknya konsen ya, terus pas lari putaran terakhir, kalian boleh ambil lurus  oia ini diluar tips: waktu itu pas lagi tes ini saya difoto sama kameraman (fotografer) gtuu. *gatau kenapa pas giliran gue yg difoto* Tuh orang bikin grogi aja hahahaha, untung aja gue lolos kalo gak tuh kameraman pasti menjadikan gue model tetap pemotretannya untuk dikontrak di majalah ANIMAL, hahahaha :P

Tahap Terakhir: Assessment.
Disini gue ga ngasih tips banyak, karena kalian yg udah nyampe sini pasti orang-orang hebat, udah ngerti sendiri apa yg harus dilakuin. Assessment itu cuma wawancara (kalo pas gue ya). Yg ditanya tuh cuma seputar kehidupan kalian sehari-hari. Jangan nervous. Usahain suara jelas. Kalo gue sih waktu itu malah jadi kayak ngobrol ama ibunya, ngocol abis. Oia, berlatihlah membuat CV *Alhamdulillah saya udh pernah ngelamar kerja, dan pas di smk pun diajarin cara bikin CV yang baik oleh guru bahasa Indonesia tercinta saya *miss u bunda *miss u bu jijah, jadi udah ga kaget lagi pas assessment disuruh mengisi form yg isinya hampir sama kaya CV. Nah dari form itulah nanti kalian ditanya-tanya. Intinya dalam tahap ini, kalian HARUS JUJUR. Inget, mau kalian jelek kek, bego kek, tukang nyontek kek, maho kek, kalian harus jujur. Hwahahaha. Tapi ini serius loh. Gue, pas ditanya pernah nyontek ga? Gue jwb pernah, gue certain deh tuh pengalaman gue nyontek dgn polosnya T__T trus dia nanya gimana rasanya. Yah gue jabarin aja perasaan galau gue setelah nyontek gimana. Gak enak sama guru, trus gak enak sama Allah dan yg lain krn itu walaupun bagus bukan hasil kita sendiri. *itu beneran ya tapi murni perasaan saya*
Tuh ibu senyam senyum dikulum ajah mendengar pernyataan gue. Hehe. Halo Bu Yani, makasih ya udh mendengar curhatan saya waktu itu :P (masih bingung kenapa nama pewawancaranya bisa sama kayak nama ibu/mama/nyokap gue)
Tapi hasilnya? Jreng jreng. Gue diterima. Walaupun gue bilang gue pernah nyontek dan gue nyesel pas pulangnya kenapa gue begitu polosnyaa bilang kayak gitu -,-. Dan ternyata, ada orang yg ga jujur(temen ane di fb), dia bilang kalo dia ga kuliah tapi dikulik-kulik si assessornya akhirnya ketauan klo dia sebenarnya udah kuliah. Malulah Dia. Dia galau. Dia chat sama gue. Gue Cuma bisa bales : Kan ane wktu itu udh pernah bilang, yg penting jujur.
Terus dia pasti termenung gitu disana (soalnya dia lama baru bales chat lagi dengan nada menyesal). Dan gataunya? Saya gak melihat nama dia tertera di pengumuman akhir USM STAN 2011/2012. Hff, Wallahu alaam bissawaab.

Jadi, kawan, itulah perjalananku. Perjalanan yang cukup panjang untuk bisa berkuliah di kampus Ahli Wardhana ini. Jadi inget, waktu di Palembang (pas pulang lebaran) saya mencoba mandi di Sungai Musi yang lumayan deras airnya^amazing banget..^terus saya tulis di pasir di pantainya: RIYAN LULUS USM STAN 2011.
Alhamdulillah, saya, Muhammad Riyan Andrianus, ternyata benar-benar LULUS USM STAN TA 2011/2012 dan menjadi mahasiswa Kepabeanan dan Cukai di Jakarta.
Ya Allah terima kasih 


Untuk teman-teman, percayalah pasti USM STAN 2012 tetap ada, bahkan sampai kapan pun tetep ada. Tekad kan saja dulu di dalam hati lalu luruskan niatmu kalau kamu ingin menjadi ANAK STAN.
Gue tuh sebenernya orangnya simple and selow haha, dan USM STAN pun gue jalanin dengan apa adanya, tapi gue adalah tipe orang yg ga akan pernah berhenti sampai apa yang gue impikan terwujud.
Jadi, bangunlah mimpi-mimpimu dari sekarang, karena kau bisa membentuk masa depanmu sendiri. Dan jadilah orang yang bisa bermanfaat bagi orang lain dimana pun kau berada, gak perlu bersinar seperti emas, gak perlu eksis seperti selebritis, cukup lakukan yang terbaik yang kau bisa, Just the way you are. Insya Allah, Allah akan berjalan berdampingan denganmu dalam mengarungi mimpi-mimpimu.

Last but not least, Jika kau telah berusaha dan berdoa, namun belum juga sampai ke tujuan, mungkin Allah sengaja membelokkan kemudimu ke arah yang lebih benar dan lebih bermanfaat untuk hidupmu kelak. Be Possitive Thinker!

Kalo yg mau nanya-nanya boleh, saya kan baik ^_^, kirim aja ke email saya: callmeryanzoo@gmail.com atau twitter di @callmeryanzoo. Semoga catatan ini bisa bermanfaat untuk kalian yg membacanya. Ganbatte yaah~!

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya

Who Reads