Selasa, 27 Agustus 2013

TWK is really a scumbag!


Done! TKD is over sodara-sodara. Hari ini, 27 Agustus 2013, gue telah melaksanakan TKD. Legaaa men! Sebelum TKD, kebahagiaan gue kayak direnggut gitu sama TKD. TKD udah kayak dementor. Penghisap kebahagiaan. Apalah itu namanya. Gue bersyukur dan mengucapkan Alhamdulillah karena gue lulus … meskipun nggak mencapai target nilai yang gue mau. Jauh, bahkan.


Kecewa? Pasti. Manusia wajarlah kecewa ketika ia merasa gagal. Sebenernya, gue bukan kecewa karena nilai gue tidak memuaskan (bagi gue). Karena justru gue menganggap hari ini gue nggak “siap” atau memang gue lagi kurang “beruntung.” 


Siap di sini adalah siap fisik dan mental. Jujur, pas mau TKD tadi perut gue ga enak dan pala gue pusing. Gue ngantuk karena cuma tidur empat jam. Biasa lah: SKS. Dan dari awal emang badan gue udah lemes dan gue kurang konsentrasi. Bahkan, gue merasa saat ngikut TO di rumah, kondisi gue lebih fit.


Kurang “beruntung” karena soal yang gue dapet lumayan susah. Gue gatau berapa pastinya, yang pasti soal TWK sama TKP lebih banyak dari soal TIU. Tapi … jreng, jreng, jreng! Soal TWK-nyaaaaa beeeeuugghhh. Kalo katanya soal itu dibagi mudah, sedang, dan sulit, kayaknya soal TWK gue gak ada yang masuk kategori mudah deh -___- . Bayangkan, dari 35 soal, gue hanya mendapat poin 55 which is gue cuma betul 11 di TWK! Soal-soal TWK yang gue dapet tuh absurd banget! Gue sempet liat kan ya di grup FB ada yang share soal TWK-nya tentang UUD, pancasila, sejarah, pengetahuan umum, dll.  Nah gue? Masa soal UUD-nya dikit udah gitu ditanyain yang nyempil-nyempil pula! Contoh: Pasal yang menyangkut hak anti diskriminasi terdapat pada pasal…, terus apa saja fungsi check and balance presiden pada pasal dalam UUD dalam kaitannya bla bla bla…, karakteristik apa saja yang harus dimiliki Hakim Agung. Parah!!


Itu baru UUD. Soal TWK gue itu absurd-absurd, apalagi banyakan tentang Bhineka Tunggal Ika. Udah soalnya panjang-panjang dan gajelas, opsinya pun mirip-mirip dan gak jelas. Ada juga wawasan kebangsaan. Ada pertanyaan tentang wewenang Reclementre apa gitu yang ada pada Mahkamah Internasional. Gue hanya bisa bengong tercengo-cengo. Ada juga yang nanyain tentang pembuatan patung gitu… Ini soal TWK apa Seni Budaya!

Gue enggak ngerti lagi deh sama soal TWK. Cuma dikit banget yang keluar dari materi yang gue pelajari, sejarah cuma beberapa nomor. (Pengen gue bakar aja rasanya buku soal-soal CPNS yang gue beli!) Dan begitu lihat hasilnya…jreng, jreng!! Lulus sih, tapi … itu kenapa TWK jomplang banget nilainya dibandingin TIU sama TKP woyyy -__-


Sampe sekarang gue masih kepikiran. Bukan tentang nilainya. Tapi tentang soal-soal TWK gue yang kayaknya proporsinya susah semua. Kok bisa ada anak yang dapet soal TWK gampang2 banget.. ada yang susah2 banget. TKD dengan soal acak kayak gini malah menurut gue nggak fair. Dan mungkin, hari ini gue lagi gak beruntung karena dapet paket soal yang susah. Sekarang, gue masih nunggu tanggal 5 buat pengumuman kelulusan resmi. Gue cuma berharap nilai TKD ini gak memengaruhi penempatan definitif nanti.  Aamiin…

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya

Who Reads